Beberapa Ciri Anak yang Berisiko Mengalami Gizi Buruk

Oleh: Dani Saputri, Amd. Keb.

Gizi yang baik pada anak menjadi penentu pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satunya anak sehat dan semakin pintar, mudah bergaul dengan teman sebayanya dan ceria. Sedangkam gizi buruk pada anak merupakan mimpi buruk untuk orang tua, dimana anak menjadi kurang sehat dan tidak berkembang sesuai umurnya. Berikut beberapa ciri-ciri anak yang mempunyai gizi yang baik, yaitu:

  1. Mempunyai tubuh kuat

Takaran gizi dan nutrisi yang sesuai akan menunjang dalam membentuk otot yang kuat dan juga kencang, dan anak menjadi semangat untuk beraktivitas sehari-hari.

  1. Tubuh tegap dan proporsional

Anak yang setiap harinya mengkonsumsi menu makanan yang sehat  mempunyai postur yang tegap karena pertumbuhan tulang yang maksimal.

  1. Tinggi dan berat sesuai umur

Anak dengan gizi baik pasti nya cukup untuk asupan makan dan pemenuhan gizi seimbang pada anak, sehingga membuat tumbuh kembang anak menjadi sesuai.

Sedangkan untuk mereka anak-anak yang mengalami gizi kurang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tidak tumbuh atau tambah berat badan
  2. Perubahan perilaku seperti mudah tersinggung, lambat, dan mudah cemas
  3. Lebih mudah lelah
  4. Nafsu makan berkurang
  5. Rambut rontok
  6. Kulit kering
  7. Lebih rewel

Dan masih banyak hal lagi yang menjadi tanda bahwa anak tersebut mengalami gizi buruk. Mengapa hal ini dapat terjadi? Hal ini disebabkan karena faktor gizi, makan yang tidak teratur, serta beberapa gangguan pencernaan seperti kurangnya kemampuan anak untuk menyerap nutrisi meskipun diberi makanan yang bergizi, maupun kurangnya pemberian ASI ketika anak baru lahir karena awal mula gizi berasal dari ASI, aktivitas yang terlalu sedikit, serta buruknya sanitasi ataupun kurangnya fasilitas layanan dasar yang buruk.

Untuk itu jadilah orang tua yang aktif untuk anak Anda, baik dari saat kehamilan itu terjadi maupum ketika anak tersebut lahir, berikanlah yang terbaik dan berikanlah gizi yang seimbang serta selalu belajar untuk lebih memahami bagaimana kebutuhan gizi pada anak. Jangan lupa untuk selalu membawa anak ke posyandu untuk mendapatkan hak anak serta konseling dari tenaga medis terdekat untuk masalah pertumbuhan anak.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan konsultasikan keluhan Anda dengan dokter kami di Lekasehat.

Sumber gambar: Freepik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.