Manfaat Susu Kedelai dan Kandungan Gizinya

oleh: Dani Saputri, Amd. Keb.

Susu merupakan bahan makanan yang seimbang dan bernilai gizi tinggi, karena mengandung hampir semua zat-zat makanan seperti karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Perbandingan zat-zat tersebut sempurna sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan susu hewani, menyebabkan harga susu sapi semakin mahal. Dan susu hewani dapat meningkatkan kadar kolesterol sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan, terutama bagi seseorang yang menderita beberapa penyakit tertentu dan alergi terhadap protein hewani. Selain itu, beberapa balita alergi terhadap laktosa sehingga dianjurkan mengkonsumsi produk pangan lain yang mempunyai kandungan gizi hampir sama dengan susu hewani. Bila seseorang tidak boleh atau tidak dapat makan daging atau sumber protein hewani lainnya, maka susu kedelai merupakan salah satu solusinya.

Susu kedelai merupakan produk yang berasal dari ekstrak biji kacang kedelai. Susu kedelai nabati memiliki kandungan serat, asam lemak tak jenuh serta protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Susu kedelai juga dapat menjadi alternatif pengganti susu sapi bagi orang yang alergi dan tidak menyukai susu sapi atau bagi mereka yang tidak dapat menjangkau harga susu sapi yang mahal karena susu kedelai harganya lebih murah jika dibandingkan dengan susu hewani, serta susu kedelai memiliki nilai gizi yang baik dan cocok untuk dikonsumsi untuk semua golongan usia. Karena didalam susu kedelai banyak sekali mengandung kedelai yang merupakan bahan pangan sumber zat gizi bermutu tinggi sebagai sumber protein sebesar 40%, lemak sebesar 20% dan zat gizi lainnya. Susu kedelai merupakan minuman bernilai gizi tinggi sebagai sumber protein, vitamin B dan isoflavon. Isoflavon kedelai telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL).

Manfaat susu kedelai diantaranya adalah:

  1. Mengurangi gejala menopouse
  2. Mencegah kanker
  3. Menyehatkan kulit
  4. Bernutrisi tinggi
  5. Menyuburkan rambut
  6. Membantu kontrol obesitas

Cara pembuatan susu kedelai cukup mudah, bisa dipraktekan dirumah merendam kacang kedelai selama 8 jam atau semalaman. Saat sudah direndam semalaman, pastikan kulit kacang sudah terkelupas dengan baik. Kacang yang sudah direndam dan terkelupas kulitnya kemudian di cuci bersih dan dicuci selama 5 menit.Setelah direbus, blender kacang kedelai dengan air hingga menjadi bubur. Kemudian, saring bubur kacang tersebut hingga mendapatkan sari kedelainya. Masukan vanili, gula, dan garam dalam air perasan kacang kedelai tersebut kemudian rebus selama 5 menit sambil diaduk. Saat sudah matang, angkat dan susu kedelai siap disajikan.

Tapi perlu diingat susu kedelai tidak cocok diminum oleh orang yang memiliki hipertiroid dan tidak boleh dikonsumsi berlebihan untuk laki laki maupun ibu hamil.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan konsultasikan keluhan Anda dengan dokter kami di Lekasehat.

Sumber gambar: Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published.